Petisi KOPHI ‘Kita tidak mau botol plastik lagi ! ‘

Petisi oleh
Koalisi Pemuda Hijau Indonesia

Kamu suka bawa botol minum sendiri? Tapi selalu merasa percuma dan males karena selalu kekurangan sehingga tetap harus beli air minum dalam kemasan (AMDS)?

Kamu gak sendirian! Sebagian besar orang yang KOPHI wawancarai berkata bahwa mereka suka membawa botol minum sendiri karena sadar bahwa plastik adalah sampah yang sangat merugikan kota. Namun sayangnya, gaya hidup ini belum didukung oleh pemerintah dan swasta yang katanya mendukung gerakan go green.

Lewat petisi ini kita akan meminta perusahaan AMDS untuk menyediakan produk isi ulang air bagi pembawa tumbler. Bentuknya bisa berupa water dispenser di minimarket yang tersebar di seluruh penjuru kota. Bayangkan saja bila nantinya kita bisa menikmati membeli air di perjalanan, tanpa berpartisipasi menghasilkan limbah plastik!

Aku dan teman-teman KOPHI sih mau banget ini terwujud! Ayo dukung gerakan kita dengan menandatangani petisi ini. Ayo bersuara bersama!

“If you change nothing, nothing will change!”

Untuk:
PT. Sinar Sosro, Gedung Graha Sosro Jl. Sultan Agung Km 28 Kelurahan Medan Satria Bekasi 17132
Danone Aqua, Cyber 2 Tower Lantai 10, 11, 12. Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 No.13 Setiabudi Jakarta Selatan 12950
PT. Nestlé Indonesia, Wisma Nestlé, Perkantoran Hijau Arkadia Gedung B Jl. TB. Simatupang Kav 55 Jakarta Selatan
Melalui surat ini, saya sebagai perwakilan dari masyarakat Indonesia meminta perusahaan Bapak/Ibu untuk mendukung pola hidup ramah lingkungan yang direpresentasikan dengan kebiasaan untuk membawa botol minuman pribadi (tumbler) dengan menyediakan fasilitas isi ulang air bagi tumbler.
Penggunaan tumbler atau botol minuman beberapa tahun ini menjadi populer di kalangan masyarakat yang mulai memiliki kepedulian untuk hidup sehat bersama dengan alam. Namun, sangat disayangkan sampai saat sekarang belum ada mesin refill atau isi ulang air mineral bagi tumbler. Hal ini mengakibatkan masyarakat cenderung malas membawa tumbler, mengingat pada akhirnya mereka akan membeli air mineral botol untuk mengisi ulang tumbler.
Fenomena ini cukup berironi dengan maraknya perusahaan penyedia minum maupun komunitas lingkungan yang menyuarakan gaya hidup hijau dengan membawa tumbler dimana fasilitas untuk menunjang gaya hidup tersebut masih sangat minim sehingga gaya hidup hijau ini tidak bertahan lama dan tidak berkelanjutan.
Terkait dengan penjabaran diatas akan sangat berarti bagi kelestarian lingkungan dan perkembangan pola hidup ramah lingkungan apabila perusahaan Bapak/Ibu dapat menunjukan kesungguhannya dalam mewujdukan kelestarian tersebut dalam produk-produk yang perusahaan hasilkan. Dukungan tersebut dapat kami sarankan untuk dapat berupa produk mesin water dispenser air mineral yang didistribusikan di mini market yang tersebar di berbagai wilayah yang dikhususkan bagi masyrakat yang telah membawa tumblernya sendiri. Produk tersebut tidak kami minta secara cuma-cuma, melainkan berbayar seperti produk air kemasan lainnya.
Apabila hal ini dapat terwujud, perusahaan Bapak/Ibu bukan hanya menjadi pelopor pelestarian lingkungan, melainkan pula secara tidak langsung, perusahaan Bapak/Ibu telah meningkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat modern. Lingkungan dan keseimbangan alam adalah hal yang senantiasa terkait dengan segala aspek kehidupan, termasuk ekonomi dan bisnis. Apabila lingkungan dan sumber daya alam telah terjaga, niscaya masa depan yang dicita-citakan masing-masing orang dapat terwujud.
Salam,

Klik ini untuk membantu menandatangani petisi ini, bersama melakukan perubahan mulai dari hal hal terkecil !

http://www.change.org/id/petisi/kita-tidak-mau-botol-plastik-lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s